...
Spot Photo Terbaik di Wisata Bunker Kaliadem

Spot Photo Terbaik di Wisata Bunker Kaliadem

Salah satu destinasi wisata yang menawarkan kesejukan dan pemandangan eksklusif adalah wisata Bunker Kaliadem yang berada di kawasan wisata Gunung Merapi. Pemandangan ekskusif yang dimaksud adalah pemandangan gagahnya Gunung Merapi dari jarak lima kilometer saja.

Bunker Kaliadem berada di ketinggian lebih dari 2.000 meter di atas permukaan air laut, sehingga udaranya sangat sejuk. Sampai saat ini, Bunker Kaliadem masih menjadi spot wisata keren dengan spot foto terbaik, yakni tepat di depan Gunung Merapi.

Sejarah

Sebenarnya, Bunker Kaliadem merupakan tempat perlindungan yang pertama kali dibangun di era kolonial Belanda. Meskipun namanya bunker perlindungan, akan tetapi tempat ini tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Sangat disayangkan sekali.

Hal tersebut dibuktikan dari peristiwa erupsi Gunung Merapi pada tahun 2006 silam. Pada saat itu, terdapat dua relawan yang berlindung di dalam bunker tetapi tewas karena tersapu ganasnya “wedhus gembel” Merapi.

Semenjak saat itulah, nama Bunker Kaliadem muncul di permukaan dan membuat banyak orang merasa penasaran, sehingga akhirnya mulai banyak yang berkunjung di bunker satu ini.

Tempat ini menyimpan begitu banyak jejak ganasnya erupsi Gunung Merapi dari masa ke masa. Di dalam bunker terdapat pintu utama yang terbuat dari material baja dan memiliki ketebalan hingga 15 cm.

Kepoin Juga Yuk : Cerita Liburan ke Jogja Bersama Keluarga

Harga Tiket Masuk

Jika Anda ingin berkunjung ke wisata Bunker Kaliadem, tak perlu khawatir tentang persoalan tarif tiket masuk. Pasalnya, harga yang perlu Anda bayarkan tidak mahal, hanya sebesar Rp 10.000,- saja per pengunjung. Sedangkan untuk biaya parkir hanya dikenakan biaya Rp 5.000,- per motor dan Rp 10.000,- per mobil.

Jam Operasional

Pengunjung yang ingin berwisata di Bunker Kaliadem, bisa datang kapan saja karena tempat wisata ini buka setiap hari selama 24 jam. Apabila Anda datang ke sini untuk berswafoto, maka disarankan untuk datang sore hari sekitar jam 14.00 sampai 16.00 untuk mendapatkan pencahayaan yang bagus.

Fasilitas

Wisata di kawasan Gunung Merapi rata-rata sudah dilengkapi dengan fasilitas umum yang bisa digunakan sebagaimana mestinya oleh para pengunjung. Beberapa fasilitas yang disediakan adalah sebagai berikut:

  • Mushola
  • Toilet bersih
  • Area parkir
  • Warung makan

Destinasi Sekitar

bungker-kaliadem

Jangan sampai tujuan wisata Anda berhenti di Bunker Kaliadem saja, karena masih banyak tempat wisata lain yang wajib dikunjungi di sekitarnya. Nah, sebagai referensi, Anda bisa mengunjungi tempat-tempat di bawah ini:

Taman Wisata Sato Loka

Wisata ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengajak anak-anak berlibur, karena Taman Wisata Salo Loka termasuk wisata edukasi terbaik yang ada di Jogja. Sato Loka merupakan taman konservasi satwa dan ternak yang beralamatkan di Jln. Kaliurang Km. 23 Sleman.

Dengan mengajak anak-anak berwisata ke sini, berarti Anda memberikan wadah bagi mereka untuk berinteraksi langsung dengan berbagai macam hewan ternak. Tak hanya itu saja, mereka juga bisa menikmati keseruan bermain di wahana outbound dengan rute petualangan yang keren.

Kepoin Juga Yuk : Stonehenge Jogja Wisata Lokal Rasa Eropa

Omah Petroek

Destinasi selanjutnya yang bisa Anda kunjungi di sekitar Bunker Kaliadem adalah Omah Petroek. Ini adalah destinasi wisata berupa kawasan bangunan berasitektur khas Jawa dengan pelataran luas dan asri, yang menjadi salah satu daya tarik para pengunjung.

Omah Petroek merupakan tempat dimana sastrawan Sindhunata beraktivitas dan juga merupakan tempat tinggal pribadinya. Meskipun dijadikan tempat tinggal, sebagian kawasan rumah ini digunakan sebagai ruang publik sehingga bisa dikunjungi oleh siapapun.

Di sana Anda bisa menikmati wahana permainan outbound sekaligus menginap di fasilitas penginapan yang berkualitas. Selain itu, banyak sekali koleksi-koleksi yang dipamerkan di Omah Petroek, misalnya saja patung Gus Dur, kemudian patung bayi bajang, dan masih banyak lainnya.

Agro Mina Wisata Karangsari

Destinasi ketiga adalah Agro Mina Wisata Karangsari yang merupakan kawasan wisata lahan pertanian yang memberikan edukasi seputar aktivitas perkebunan dan juga peternakan. Tentunya wisata satu ini sangat cocok untuk digunakan sebagai tujuan wisata bersama anak-anak.

Mereka akan mendapat edukasi dan juga pengalaman menyenangkan dalam kegiatan bertani dan juga beternak. Tentu saja ini akan menjadi pengalaman yang istimewa dan tidak akan dilupakan oleh mereka nantinya.

Kembang Arum Tourism Village

Kembang Arum Tourism Village juga menawarkan wisata edukasi dan alam sebagai sajian untuk para pengunjung yang datang. Terdapat fasilitas wahana permainan outbound yang peruntukkan untuk anak-anak yang mampu memaksimalkan penggunaan otak kanan maupun kiri.

Lava Tour

lava tour merapi

Tak lengkap rasanya jika berwisata di Jogja tapi tidak mencoba Lava Tour Merapi. Ini adalah tour di kawasan Gunung Merapi dengan mengendarai Jeep yang dijamin akan mengacu adrenalin Anda dan pastinya sangat seru.

Berbagai macam paket Lava Tour bisa Anda pilih, mulai dari tour dengan waktu paling singkat yakni 1 jam dan tour panjang dengan waktu lama sekitar 3, 5 jam. Anda akan diajak berkeliling melalui medan terjal yang ekstrim di berbagai titik kawasan terdampak erupsi Gunung Merapi.

Kepoin Juga Yuk : Budget Liburan ke Jogja Versi Hemat

Jadi, ketika Anda berencana mengunjungi wisata Bunker Kaliadem, jangan sampai tidak menyempatkan waktu untuk booking Jeep Merapi agar bisa berkeliling dengan seru di kawasan Gunung Merapi! Booking sekarang juga sebelum antrean semakin panjang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *