8 Tempat Wisata Bantul Yogyakarta Terbaik

8 Tempat Wisata Bantul Yogyakarta Terbaik

Bantul merupakan salah satu kawasan dengan banyak tempat wisata di Yogyakarta. Baik wisata alam maupun wisata lainnya, ada di daerah Bantul. Kira-kira, Anda sudah pernah mengunjungi tempat wisata Bantul Yogyakarta? Jika belum, wajib sekali menyimak informasi berikut:

Wisata Parangtritis

Salah satu tempat wisata yang bisa dikunjungi ketika datang ke Bantul adalah berbagai wisata di Parangtritis. Wisata paling populernya adalah Pantai Parangtritis yang memiliki pasir hitam dan eksotis. Tak hanya itu masih banyak wisata lainnya, yakni sebagai berikut:

  1. Bukit Paralayang
  2. Bukit Watu Lumbung
  3. Parangtritis Geomaritime Science Park
  4. Pantai Cemara Sewu
  5. Gumuk Pasir Parangkusumo

Lokasi dari beberapa tempat wisata di atas tidak jauh satu dengan lainnya, sehingga jika Anda berkunjung di salah satunya bisa banget mampir ke tempat wisata yang lain. Selain itu, tak perlu kantong tebal untuk bisa eksplor wisatanya, karena harga tiket masuknya super terjangkau.

Gumuk Pasir

tempat wisata bantul yogyakarta

Di Bantul ada wisata yang akan membuat Anda seperti padang pasir di Timur Tengah, lho. Tempatnya berada di kawasan wisata Parangtritis, yakni Gumuk Pasir Parangkusumo. Gumuk pasir yang ada di Bantul ini merupakan jenis gumuk pasir tipe barchan dengan ketinggian pasir mencapai 5-15 meter.

Gumuk Pasir Parangkusumo buka setiap hari, mulai dari pukul 07.00 sampai dengan 18.00 WIB. Untuk bisa menikmati indahnya padang pasir, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun karena tiket masuk tidak dipungut biaya.

Kepoin Juga Yuk : Stonehenge Jogja Wisata Lokal Rasa Eropa

Kebun Buah Mangunan

Jika sedang ingin berwisata sambil berkebun, maka Kebun Buah Mangunan bisa dijadikan pilihan terbaiknya. Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000,- saja di hari biasa dan Rp 6.000mp untuk akhir pekan, Anda bisa berkeliling kawasan wisata sepuasnya.

Di sini Anda bisa menemukan berbagai macam jenis tanaman buah-buahan, mulai dari durian, mangga, jeruk, jambu air, dan masih banyak tanaman lainnya. Spot paling populer di Kebun Buah Mangunan adalah Negeri di Atas Awan yang tidak boleh Anda lewatkan.

Puncak Becici

Berkunjung ke Bantul tak lengkap rasanya jika tidak menyempatkan diri untuk berkunjung ke Puncak Becici. Tempat wisata ini merupakan kawasan hutan pinus yang berada di perbukitan Bantul.

Dari Puncak Becici, Anda bisa menyaksikan berbagai macam pemandangan indah, mulai dari megahnya Candi Prambanan, kemudian hamparan laut pantai selatan, dan juga Gunung Merapi serta Gunung Sindoro.

Tak hanya pemandangan menakjubkan, di wisata ini Anda bisa menikmati berbagai wahana, mulai dari jelajah alam, kemudian camping ground, dan lain sebagainya. Untuk bisa masuk Puncak Becici, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 2.000,- saja per pengunjung.

Hutan Pinus Dlingo

hutan pinus mangunan

Selain Puncak Becici, Bantul juga memiliki destinasi wisata lain yang mirip yakni Hutan Pinus Dlingo. Hutan satu ini termasuk kawasan wisata alam yang banyak mendapatkan kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Lokasi Hutan Pinus Dlingo berada di dataran tinggi, sehingga membuat tempat wisatanya memiliki udara sejuk dan menyegarkan. Tiket masuk kawasan wisata ini pun sangat terjangkau, yakni hanya sebesar Rp 3.000,- per orangnya.

Kepoin Juga Yuk : Cerita Liburan ke Jogja Bersama Keluarga

Goa Jepang

Kalau ingin mengunjungi wisata sejarah, ada satu tempat wisata Bantul Yogyakarta yang dapat Anda kunjungi, yakni Goa Jepang Pundong. Wisata ini berlokasi di Dsn. Ngreco dan Poyahan yang masih termasuk kawasan Desa Seloharjo, Pundong, Bantul.

Goa yang menjadi saksi sejarah perjuangan Indonesia melawan penjajah Jepang ini buka setiap hari, mulai dari pukul 07.00 sampai 17.00 WIB. Bagi Anda yang ingin berkunjung, disarankan untuk datang jam 15.00 karena suasananya cukup sejuk.

Tiket masuk yang perlu dibayarkan agar dapat menikmati wisata Goa Jepang tidaklah mahal, karena hanya dibanderol sebesar Rp 3.000,- saja per orangnya. Nah, salah satu saran agar Anda bisa leluasa mengeksplor kedalaman goa, maka perlu sekali membawa alat penerangan berupa senter.

Goa Gajah Mangunan

Di Bantul juga ada goa lain yang bisa dijadikan destinasi wisata ketika berlibur ke Jogja, yakni Goa Gajah Mangunan. Aktivitas yang menyenangkan ketika berkunjung ke tempat ini adalah susur goa, karena Anda bisa menjumpai stalagmite goa yang indah.

Waktu yang pas untuk berkunjung ke wisata alam satu ini adalah di pagi hari, dimana pengunjung belum begitu banyak sehingga proses susur goa bisa lebih santai. Pemburu wisata gratis wajib ke sini, karena untuk bisa eksplor goa tidak dipungut biaya alias Free.

Kepoin Juga Yuk : Budget Liburan ke Jogja Versi Hemat

Lava Tour Merapi

lava tour merapi

Apabila Anda ingin menikmati wisata ekstrim yang mengacu adrenalin, tentu saja pilihan terbaiknya adalah Lava Tour Merapi. Destinasi ini akan membawa Anda berkeliling kawasan Gunung Merapi yang terdampak erupsi dengan menggunakan kendaraan Jeep keren.

Jalan yang akan Anda lalui adalah medan-medan terjal yang cukup sulit, sehingga sudah pasti akan mengacu adrenalin. Keseruannya juga pasti akan terasa, apalagi jika Anda berwisata dengan teman-teman. Biaya untuk bisa menikmati Lava Tour Merapi tergantung dengan paket yang Anda pilih, namun rangenya mulai dari Rp 350.000,- sampai Rp 600.000,-

Itulah beberapa tempat wisata Bantul Yogyakarta yang sangat populer dan wajib masuk daftar kunjungan ketika berlibur ke Bantul. Nah, yang paling tidak boleh dilewatkan adalah booking Jeep untuk Tour Lava Merapi, karena akan menyempurnakan liburan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *