...
Stonehenge Jogja Wisata Lokal Rasa Eropa

Stonehenge Jogja Wisata Lokal Rasa Eropa

Berencana untuk berlibur ke Jogja? Sudah menyiapkan daftar tempat wisata yang akan dituju? Jika belum, lebih baik dipersiapkan dari sekarang, karena Jogja memiliki banyak sekali tujuan wisata dan salah satunya adalah Stonehenge Jogja.

Stonehenge yang ada di Jogja ini merupakan susunan batu yang memang sengaja dibuat semirip mungkin dengan yang ada di Inggris. Namun, pada susunan batu tersebut terdapat nilai sejarah serta peninggalan warisan budaya, khususnya di Yogyakarta.

Sejarah

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Stonehenge yang ada di Jogja ini merupakan hasil buatan manusia yang memang disengaja. Namun, tahukah Anda bahwa batu yang digunakan untuk membuatnya adalah saksi bisu erupsi Gunung Merapi?

Ya, benar, batu Stonehenge di Jogja berasal dari batu-batu bekas erupsi Gunung Merapi. Monumen ini dibuat dengan ketinggian batu kurang lebih sekitar 4 meter dan ditata sedemikian rupa. Meskipun hasil buatan manusia, namun wisata satu ini banyak dijadikan tujuan wisata favorit.

Harga Tiket Masuk

Sama seperti tempat wisata yang ada di Jogja lainnya, Stonehenge Jogja dapat Anda kunjungi dengan biaya tiket masuk yang sangat terjangkau. Hal ini tentu sangat menguntungkan Anda, khususnya ketika memiliki budget wisata yang pas-pasan.

KeteranganHarga
Tiket Masuk JogjaRp 10.000,-
Parkir MotorRp 2.000,-
Parkir MobilRp 5.000,-
Foto Pre WeddingRp 150.000,-

Jam Operasional

Destinasi wisata ini dibuka untuk umum, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Nah, untuk Anda yang ingin berkunjung ke tempat ini, tentunya harus mengetahui jam operasionalnya, bukan? Stonehenge di Jogja buka setiap hari, mulai dari pukul 07.00 hingga pukul 18.00 WIB.

Kepoin Juga Yuk : Cerita Liburan ke Jogja Bersama Keluarga

Fasilitas

stonehenge kaliurang

Tak perlu khawatir ketika hendak berkunjung ke tempat wisata populer satu ini, karena sudah tersedia fasilitas wisata yang cukup lengkap untuk para pengunjung. Di sana sudah ada toilet dan tempat parkir yang dijamin aman dan nyaman untuk digunakan para pengunjung.

Tak hanya itu saja, Anda juga akan dimanjakan dengan berbagai macam spot foto menarik. Keamanan dan kenyamanan pengunjung adalah hal utama bagi pengelola wisata, sehingga tidak perlu takut barang bawaan Anda akan hilang atau dicuri.

Destinasi Sekitar

Kalau datang ke Jogja hanya berkunjung ke satu destinasi wisata saja, rasanya tidak akan sempurna. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui referensi destinasi lain yang wajib dikunjungi. Nah, berikut ini beberapa destinasi sekitar Stonehenge Jogja yang wajib Anda kunjungi:

Taman Wisata Kaliurang

Taman Wisata Kaliurang merupakan taman rekreasi yang cocok dikunjungi bersama keluarga besar. Taman wisata ini terletak di kaki Gunung Merapi, tepatnya di sisi selatan dan berada di ketinggian 900 meter dari permukaan laut, sehingga udaranya sangat sejuk.

Taman Wisata Kaliurang dilengkapi dengan berbagai macam wahana permainan, mulai dari kolam renang mini, kemudian ayunan, papan seluncur, dan masih banyak wahana permainan lainnya. Kalau mampir ke sini, jangan lupa wisata kuliner dengan membeli jadah tempe khas Kaliurang, ya!

Kepoin Juga Yuk : Budget Liburan ke Jogja Versi Hemat

The Lost World Castle

lava tour merapi

Selain Taman Wisata Kaliurang, The Lost World Castle juga menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Di sini Anda akan dimanjakan dengan berbagai macam spot-spot foto yang menarik, sehingga Hasrat selfi Anda akan tersalurkan.

The Lost World Castle beralamatkan di Jln. Petung Merapi, Petung, Kepuharjo, yang masih dalam kawasan daerah Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Tempat wisata menarik ini buka setiap hari, mulai dari jam 07.00 sampai dengan 10.00 WIB dengan tarif tiket masuk sekitar Rp 30.000,- saja.

Museum Sisa Hartaku

lava tour merapi

Museum Sisa Hartaku dulunya adalah rumah seorang warga terdampak erupsi Gunung Merapi 2010, yakni Bapak Kimin. Namun kini rumah tersebut dijadikan sebagai museum yang berisi berbagai macam koleksi yang menjadi saksi bisu erupsi Gunung Merapi.

Tak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk bisa masuk tempat wisata satu ini, karena tiket masuknya Free. Hanya saja jika Anda membawa kendaraan, maka harus membayar biaya parkir sebesar Rp 2.000,- untuk motor dan Rp 5.000,- untuk mobil.

Lava Tour Merapi

lava tour merapi

Nah, destinasi yang wajib dan tidak boleh terlewatkan ketika berkunjung ke Jogja adalah Lava Tour Merapi. Ini adalah tour terbaik yang pernah ada karena menggunakan Jeep dan berkeliling ke daerah terdampak erupsi Gunung Merapi.

Oleh sebab itu, tidak heran jika medan yang dilewati adalah medan ekstrim dan mengacu adrenalin. Untuk bisa menikmati Lava Tour Merapi, tentu saja Anda harus menyewa Jeep yang bisa dibooking secara online dengan mudah dan harganya lumayan terjangkau.

Kepoin Juga Yuk : Cek Paket Lava Tour Murah Meriah

Tak hanya satu dua tempat saja yang bisa Anda kunjungi dengan Jeep Merapi, melainkan ada banyak tergantung dengan pilihan paket wisata yang dipilih. Jika ingin yang menantang, spot yang direkomendasikan adalah bermanuver di Kalikuning.

Setelah puas berfoto-foto ria di Stonehenge Jogja, tidak ada salahnya Anda menantang diri untuk menaiki Jeep Lava Tour Merapi. Jadi, wisata Anda akan lebih sempurna karena tidak hanya menikmati pemandangan saja, melainkan menikmati keseruan yang mengacu adrenalin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *